Apa itu Teknik Lingkungan ?
Apa sih jurusan teknik lingkungan? Kok
banyak ceweknya sih? Mirip sama jurusan kesehatan masyarakat ya? Banyak
biologinya?
Teknik
Lingkungan adalah bidang keilmuan yang MEMPELAJARI TINDAKAN KURATIF DAN
PREVENTIF UNTUK MENYELAMATKAN LINGKUNGAN HIDUP berupa air, tanah, udara dan
kesehatan lingkungan melalui pendekatan rekayasa teknik. Tugas seorang insinyur
Teknik Lingkungan tentunya menyederhanakan permasalahan yang ada dan menjadi
penghubung antara pemerintah dan masyarakat.Teknik lingkungan pada
awalnya bernama ‘Teknik Penyehatan’, lalu berganti nama menjadi Teknik
Lingkungan. Institusi yang pertama kali mengadakan jurusan teknik lingkungan di
kampusnya adalah ITB. Makanya ITB disebut-sebut punya jurusan teknik lingkungan
terbaik se-Indonesia. Tapi tidak hanya itu, ada juga STTL (Sekolah Tinggi
Teknik Lingkungan) di Jogja, adalah sekolah tinggi ilmu teknik lingkungan
pertama di Indonesia. Lalu ada ITS, UNDIP, UI, Bakrie, Universitas Pasundan,
UII Jogja, UPN Jogja, dan lain-lain. Ada juga Ilmu dan Teknologi Lingkungan di
UNAIR, silabusnya tidak jauh berbeda dengan Teknik Lingkungan dan 60%
kurikulumnya disesuaikan dengan silabus jurusan teknik lingkungan se-Indonesia.
Namun jurusan ini berada di bawah departemen Biologi.
Pada tanggal 10 Oktober 1962,
lahirlah Departemen Teknik Penyehatan ITB di bawah naungan Fakultas Teknis Sipil
dan Perencanaan. Sebagai yang pertama di Indonesia, lahirnya Departemen Teknik
Penyehatan ITB tahun 1962 ini merupakan tonggak resmi berdirinya pendidikan tinggi Teknik Lingkungan (TL) pertama di Indonesia.Tahun 1983,
ITS membuka program studi Teknik Penyehatan Strata-1 lalu dikembangkan menjadi
Jurusan Teknik Lingkungan yang diresmikan oleh Dirjen DIKTI tahun 1996. Pada tanggal 5 Juni 1985 didirikanlah Sekolah Tinggi Teknik
Lingkungan “Yayasan Lingkungan Hidup” disingkat STTL “YLH” berkedudukan di
Yogyakarta yang merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang mengelola
kegiatan pembelajaran untuk Program Studi Teknik Lingkungan. Adalah
Ir. KRT Tjokrokusumo (Alm.) yang berinisiatif untuk mendirikan perguruan Teknik
Lingkungan pertama kali di Indonesia melalui Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan
Yogyakarta.Selanjutnya pada tahun ajaran
1996/1997 Universitas Andalas membuka Program Studi Teknik
Lingkungan yang pada awalnya berada di bawah Jurusan Teknik Sipil Fakultas
Teknik Unand, yang mulai diresmikan pembukaannya melalui Surat Keputusan Dirjen
DIKTI No. 454/DIKTI/Kep./1996 tanggal 9 September 1996.
Pada tahun ajaran 1996/1997, mulai menerima mahasiswa baru pertama kali
sebanyak 25 orang melalui penyeleksian dari Jurusan Teknik Sipil. Mulai tahun
akademik 1997 menerima mahasiswa melalui jalur UMPTN dan PMDK sebanyak 40 orang
per tahun dengan jenjang pendidikan S1.
Saat ini ada beberapa perguruan tinggi
negeri di Indonesia yang
mempunyai program studi di bidang ini, antara lain: Institut Teknologi Bandung, Institut
Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Andalas, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Riau, Universitas Mulawarman,Universitas
Sumatera Utara dan UNMUL Samarinda.
Sedangkan perguruan tinggi swasta di
Indonesia yang mempunyai program studi di bidang ini, adalah:
1.
Universitas Islam Indonesia
2.
Universitas Islam Sultan Agung / UNISSULA
3.
Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan 'Yayasan Lingkungan Hidup'
Yogyakarta(STTL YLH)
4.
Universitas Winaya Mukti(dulu
ATPU/STTPU)
5.
Institut Teknologi Nasional Bandung
6.
Institut Teknologi Nasional Malang
7.
ITA
(Institut Teknologi Adityawarman) (sekarang Universitas Kebangsaan)
8.
Universitas Pasundan
9.
Universitas Trisakti
10. Institut Sains & Teknologi AKPRIND
Yogyakarta;
11. Universitas Batanghari JAMBI.
12. Akademi Teknik Tirta Wiyata Magelang
13. Universitas Bakrie, Jakarta
14. Universitas Airlangga
15.Universitas Sumatera Utara
Teknik Lingkungan sebenarnya relatif
baru di bidang keprofesian, namun dengan sejarah terbentuknya yang cukup
panjang. Gelar, atau titel "Insinyur Lingkungan" atau "Sarjana
Teknik Lingkungan" sebenarnya tidak pernah ada hingga tahun 1960 di US,
ketika saat itu beberapa program akademik di bidang teknik (engineering) dan
kesehatan masyarakat (public health) mencoba untuk berekspansi ruang lingkup
studi mereka, dengan tujuan mendapatkan titel yang lebih spesifik menyesuaikan
dengan program studi, pelajaran dan material yang ada. Diharapkan perbedaan
antara Insinyur Lingkungan (Environmental Engineer) dengan Insinyur Kesehatan
Masyarakat (Public Health Expert) serta dengan cabang teknik lain dapat menjadi
jelas.
Bagaimanapun juga, teknik lingkungan
tidak dapat dipisahkan dari akar sejarahnya, ketika sebenarnya akar dari teknik
lingkungan itu melibatkan banyak bidang keilmuan yang lain, sebut saja, teknik
sipil, kesehatan masyarakat, ekologi, kimia, serta biologi, geologi dan teknik
mekanik, 3 terakhir yang disebut dalam beberapa hal keteknik lingkungan dapat
dimasukkan. Di US, meteorologi dikenal juga sebagai salah satu faktor akar dari
teknik lingkungan. Walaupun demikian, teknik sipil dan teknik kimia secara luas
diakui sebagai unsur pembentuk teknik lingkungan.
Jika diperhatikan di beberapa negara,
seperti US, negara-negara Eropa, seringkali teknik lingkungan terletak di bawah
bagian teknik sipil, yang mana materi perkuliahannya adalah kombinasi bidang
sipil yang bergerak di bidang lingkungan. Jepang, Taiwan atau Malaysia, adalah
contoh negara yang seringkali teknik lingkungan berada di bawah bidang teknik
kimia. Ini terkait dengan beberapa aspek dalam teknik lingkungan yang juga
mempelajari reaksi-reaksi kimia, struktur, proses, kimia lingkungan serta
berkaitan dengan kimia air.
Di Indonesia, ambil contoh Institut
Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Jurusan Teknik Lingkungan berada di bawah
Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Walaupun materi teknik lingkungan
mempelajari baik bagian kimia maupun sipil, namun kecenderungannya teknik
lingkungan dititikberatkan ke arah perenanaan sipil, sebagai contoh PBPAM
(Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Minum) ataupun PBPAB (Perencanaan Bangunan
Pengolahan Air Buangan). Jurusan Teknik Lingkungan sendiri sebelum tahun 1982
bernama Teknik Penyehatan Masyarakat. Akan tetapi karena perbedaan yang jelas arah
tujuan dua program studi ini serta terkait dengan sumber daya manusia, maka
jalurnya diarahkan ke program studi Teknik Lingkungan, selain juga karena
faktor adanya Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Airlangga.
Jurusan Teknik Lingkungan sendiri kini berada di bawah Fakultas
Teknik, di beberapa institusi jurusan ini diletakkan dibawah departemen Teknik
Sipil dan Perencanaan, jadi jurusan teknik lingkungan memang berkaitan erat
dengan jurusan teknik sipil (terutama dalam teknik peracangan fasilitas,
seperti ilmu ukur tanah, perhitungan beban beton, mekanika fluida, dsb), dan
jurusan teknik planologi (terutama dalam teknik perancangan fasilitas kota,
seperti pengaturan tata letak fasilitas kota, peta administrasi daerah, data
statistik dan kependudukan, peraturan perancangan fasilitas kota dari
Kementrian PU, dsb). Kadang jurusan teknik lingkungan juga berkaitan dengan
jurusan teknik kimia (dalam hal pengolahan limbah, seperti pengomposan, alat
pengelolaan dan pengolahan sampah atau limbah) Pada dasarnya, ilmu-ilmu yang dipelajari di jurusan teknik
lingkungan sangat berkaitan erat dengan kesehatan. Singkatnya, di teknik
lingkungan, mahasiswa akan belajar bagaimana caranya untuk mencegah penyakit
dan menjaga kesehatan lingkungan dengan pendekatan teknik. Jadi, ibaratnya
ilmu-ilmu jurusan teknik lingkungan ini adalah ‘perisai’ bagi kesehatan
masyarakat, sedangkan ilmu-ilmu jurusan kedokteran/keperawatan adalah ‘obat’
bagi kesehatan masyarakat. Serunya, hampir semua industri membutuhkan ilmu
teknik lingkungan, apalagi sekarang peraturan perundang-undangan tentang
lingkungan semakin diperketat. Bahkan institusi pemerintahan pun banyak
membutuhkan lulusan teknik lingkungan. Nah, apa saja yang bakal dipelajari oleh
mahasiswa teknik lingkungan? Berikut ini infonya :
1. Belajar Pencegahan Produksi Limbah
Limbah diproduksi dari kegiatan produksi, seperti sisa-sisa bahan
bakar, sisa bahan baku, dan hasil produksi yang gagal. Di teknik lingkungan,
dipelajari bagaimana caranya meminimisasi produksi limbah dan memaksimalkan
kualitas produk. Caranya, mulai dari pembuatan chart atau
diagram alir tentang kegiatan dan bahan apa saja yang digunakan dalam proses
produksi, beserta jumlah dan dampaknya bagi proses produksi dan lingkungan.
Dari diagram itu dianalisa aspek apa yang dapat dirubah agar produksi limbah
berkurang. Bisa juga dengan menganalisis limbah apa saja yang masih bisa
dijadikan bahan baku produksi, sehingga jumlah limbah berkurang.
2. Belajar Pengelolaan Limbah
Limbah yang dihasilkan, tidak bisa langsung dibuang begitu saja.
Limbah harus dikelola dengan baik. Dikelola disini maksudnya, diletakkan di
wadah yang sesuai (dengan karateristik bak yang aman dan tidak akan rusak dan
merusak lingkungan bila dituangkan limbah ke dalamnya), peletakan wadah harus
ditempat yang sesuai (maksudnya tidak akan mengganggu jalannya proses
produksi), pengangkutan dan pengaliran limbah harus sesuai dan tepat (maksudnya
dialirkan dengan media yang baik dan tidak mudah rusak jika kontak dengan
limbah korosif), manajemen pengelolaan limbah harus baik (meliputi pada jam
berapa limbah dikelola, berapa jumlah pekerja, dsb). Pengelolaan limbah hanya
sebatas waktu dimana saat limbah selesai diproduksi sampai waktu dimana saat
limbah harus diolah, dan waktu dimana saat limbah harus dibuang.
3. Belajar Proses Pengolahan Limbah
Sampah ada untuk dibuang. Eitts, buat mahasiswa teknik lingkungan
itu adalah pemikiran yang sangat kuno. Sebelum dibuang, limbah atau sampah
harus diolah terlebih dahulu. Terutama sampah dan limbah hasil produksi suatu
industri. Kenapa diutamakan dari industri? Umumnya limbah industri lebih
berbahaya daripada limbah domestik (rumahan) yang umumnya hanya sampah sisa sayur,
bungkus makanan, dan kotoran manusia. Limbah industri berbahaya karena
kandungannya yang memiliki nilai resiko tinggi apabila dibuang langsung ke
lingkungan. Misalnya, limbah dari industri pembuatan batu baterai mengandung
bahan kimia beracun (asam sulfat), kalau dibuang langsung ke sungai dampaknya
bisa membahayakan komposisi didalamnya, seperti kualitas air. Apabila airnya
digunakan sebagai sumber irigasi, bisa membahayakan kualitas tanaman dan tanah
yang terkena aliran air tersebut. Seperti pada kasus Minamata di Jepang, karena
air sungai yang terkontaminasi Raksa. Coba saja di googling.
Di bagian ini, mahasiswa akan belajar banyaaaak sekali alat-alat
yang biasa digunakan oleh industri baik dalam maupun luar negeri untuk mengolah
limbah sesuai dengan karateristik limbah yang dihasilkan. Tidak hanya itu, kita
juga akan belajar bagaimana mendesain alat dan unit pengolahan limbah tersebut,
untuk menghasilkan limbah yang aman dibuang ke sungai.
4. Belajar Mengolah Air
Mungkin teman-teman pernah mengetahui tentang sistem pengolahan
air sederhana yang menggunakan ijuk dan krikil? Nah, di jurusan teknik
lingkungan hal itu akan dipelajari lebih lanjut. Air yang kita konsumsi
sehari-hari dari kemasan botolan atau PDAM pasti telah melalui proses
pengolahan yang paaaaanjang. Sumber air apa yang akan dipilih pun
dipertimbangkan, mulai dari kandungan Fe, Mg, Mn, Ca, dsb di dalam air
tersebut, kandungan oksigen terlarut, kandungan patogen didalamnya, kekeruhan
air, kesadahan air, hingga kandungan garam dalam air. Semuanya diteliti hingga
didapat angka-angka yang kongkrit. Umumnya sumber air yang dipilih adalah air
tawar, seperti air sungai. Kenapa? Karena air tawar lebih mudah untuk diolah
dan kadar garamnya sangat rendah.
Nah, setelah dipilih sumber air yang tepat, mulailah proses
mendesain bangunan pengolahan air. Eits, apa itu? Bagi teman-teman yang ingin
bekerja di PDAM ilmu ini sangat penting lho. Bangunan pengolah air adalah
sebuah bangunan dalam satu komplek, dimana terdapat unit dan alat untuk
mengolah air dari air yang tidak layak minum, menjadi air yang layak minum,
atau minimal dapat dikonsumsi untuk keperluan sehari-hari.
Ada banyak unit yang dipelajari, misalnya seperti unit
penyaringan, koagulasi (pembubuhan aluminium sulfat untuk mengikat koloid atau
partikel kecil), flokulasi (pengadukan air untuk mengoptimalkan pengikatan
koloid), sedimentasi (pengendapan partikel koloid), filtrasi (penyaringan air
dengan pasir dan kerikil), aerasi (penambahan oksigen ke dalam air dan
pengurangan kandungan Fe), desinfeksi (pemberian desinfeksi untuk membunuh
patogen).
Sebenarnya unit-unit ini juga ada beberapa di rumah sakit dan
hotel. Namun unit yang ada dalam ukuran yang kecil dan portable karena
kebutuhan airnya yang lebih sedikit dibandingkan PDAM yang harus mengolah air
untuk dikonsumsi jutaan orang.
Setelah air bersih selesai diolah, air-air tersebut kemudian
dialirkan sampai ke rumah warga. Nah, ini juga butuh ilmu khusus, namanya
Sistem Penyediaan Air Minum. Berapa panjang pipa yang dibutuhkan, berapa jumlah
belokan yang ada, berapa jumlah rumah yang butuh pelayanan, berapa debit air
setiap harinya, berapa diameter pipa yang dibutuhkan, berapa jumlah sambungan
pipa yang dibutuhkan, hingga berapa uang yang dikeluarkan, semua dihitung
serinci-rincinga bahkan perlu dibuat skenario pengalirannya dengan software khusus.
5. Belajar Merancang TPA
Eh, TPA? Tempat Pembuangan Akhir? Yup, nama yang tidak asing didengar mungkin adalah ‘Bantar Gebang’, sebuah TPA maha besar yang ada di bilangan kota Bekasi. Mahasiswa teknik lingkungan harus belajar untuk membuat TPA. Tempat pembuangan sampah tidak boleh sembarangan loh, harus baik, benar, dan tidak membahayakan lingkungan. Banyak metode-metode khusus yang dipelajari dalam perancangan TPA. Misalnya, seperti di Amerika, sampah ditimbun dalam tanah yang telah dilapisi lapisan waterproof, lalu tanah timbunan ditanami rumput atau tanaman lain hingga menjadi bukit. Bukit ini bisa menjadi sarana rekreasi edukatif. TPA semacam inilah yang sebenarnya diharapkan oleh pemerintah untuk diwujudkan.
Di TPA sendiri juga ada pengolahan dan pengelolaannya.
Sampah-sampah yang telah dihasilkan dikelola, dipilah, dan dicacah. Setelah itu
diolah dengan treatmentkhusus sesuai dengan karateristik sampah.
Misalnya, sampah organik bisa diolah agar dihasilkan gas metana. Gas metana ini
kemudian bisa dimanfaatkan menjadi bahan bakar atau bahan kompor gas. Bisa juga
pengolahan sampah menjadi pupuk. Pupuk bisa dijual kembali ke masyarakat.
Artinya, sampah tidak terus menumpuk tetapi juga bisa dimanfaatkan kembali.
Dalam perancangan TPA juga diperhitungkan lho, lama waktu
penguraian sampah. Jadi, desain pengelolaan dan pengolahannya juga
diperhitungkan.
6. Belajar Merancang Sistem Plumbing
Plumbing, apaan tuh? Sistem plumbing secara umum adalah sistem perpipaan. Dalam sistem itu meliputi reservoir (tandon air), pompa, pipa, watercloset, urinoir,lavatory (wastafel), faucet (kran air), shower, floor drain (saluran air buangan di kamar mandi), hingga septic tank. Utilitas semacam itu tidak sembarangan didesain loh. Perlu perhitungan dan perancangan yang baik, mulai dari berapa jumlah air yang dibutuhkan dalam suatu rumah atau gedung tersebut, berapa ukuran tandon yang dibutuhkan, berapa panjang dan diameter pipa yang dibutuhkan, berapa daya pompa, berapa banyak water closet, urinoir, wastafel, faucet yang dibutuhkan berdasarkan kebutuhan, hingga berapa ukuran septic tank berdasarkan rentang waktu pengurasan dan kebutuhan.
Belajar sistem plumbing tidak hanya itu, dalam sistem ini juga
dipelajari bagaimana mengalirkan air kotor yang berasal dari kamar mandi.
Misalnya, air kotor yang mengalir dari water closet dan urinoir harus
dialirkan ke septic tank karena buangannya berupa black
water (air yang tidak bisa digunakan lagi), sedangkan air kotor yang
mengalir dari floor drain harus dialirkan ke drainase (got)
karena buangannya berupa grey water (ada kemungkinan bisa
diolah dan digunakan lagi).
7. Belajar Merancang Sistem Drainase
Drainase adalah bahasa kerennya saluran air, atau biasan kita sebut ‘got’. Drainase dirancang untuk mengalirkan air hujan, jadi seharusnya memang tidak boleh membuang sampah ke drainase, akibatnya malah banjir. Padahal drainase dibuat untuk menghindari banjir dengan cara menjadi media atau wadah mengalirkan air hujan yang jatuh ke badan jalan atau permukaan tanah.
Perancangan drainase didasarkan besarnya curah hujan pada daerah
tersebut, luas area yang dilayani, dan tata guna lahan area tersebut. jadi,
sebenarnya ukuran, panjang, dan dimensi drainase tidak dirancang sembarang loh.
8. Belajar Hukum Lingkungan
Kata siapa pelajaran hukum cuma dipelajari oleh mahasiswa jurusan
hukum? Mahasiswa teknik lingkungan juga belajar hukum lho, khususnya hukum
lingkungan. Indonesia, melalui Departemen Lingkungan Hidup mengeluarkan
undang-undang tentang lingkungan, batasan pembuangan limbah, dan standar baku
mutu limbah yang bisa dibuang langsung ke lingkungan.
9. Belajar Sistem Manajemen Keselaman, Kesehatan Kerja (SMK3)
Ini juga sebenarnya dipelajari di jurusan kesehatan masyarakat
loh, dan mahasiswa teknik lingkungan juga mempelajarinya. Makannya dalam dunia
pekerjaan lulusan teknik lingkungan seringkali masuk ke bagian HSE (Health,
Safety, and Environment). SMK3 adalah sistem yang digunakan untuk mencegah
terjadinya kecelakaan dalam kerja dan mengutamakan keselamatan dan kesehatan.
Karena tahu tidak, dampaknya bila seorang pekerja mengalami kecelakaan dalam
kerja akibat kelalaian dan kecerobohan, bukan hanya uang yang harus dikeluarkan
si perusahaan untuk membiayai, namun juga dampak kekurangan tenaga kerja
(apalagi kalau si korban memegang peran penting), kerusakan jaringan komunikasi
antar tenaga kerja, terhambatnya waktu produksi, dan berbagai dampak jangka
panjang lainnya yang merugikan pihak korban dan perusahaan.
Teman-teman pernah melihat pekerja kontraktor memakai topi
lapangan dan sepatu lapangan? Nah itu adalah salah satu bagian dari prosedur
SMK3. Lambang SMK3 sendiri adalah tanda “+” dan lambang gerigi berwarna hijau.
Ada yang pernah melihat? Itulah yang dipelajari ketika menjadi mahasiswa teknik lingkungan.
Penjabaran diatas adalah gambaran umumnya saja. Sedangkan detail pelajaran apa
saja yang dipelajari oleh mahasiswa teknik lingkungan, setiap universitas
memiliki kurikulumnya masing-masing, namun pada dasarnya semuanya sama. Oh ya,
di jurusan teknik lingkungan, tidak hanya pelajaran dasar Fisika dan Matematika
saja yang berperan penting, namun juga Geografi, Kimia, Biologi, Sosiologi, dan
Ekonomi. Walau semuanya tidak dipejari secara mendetail, namun beberapa
potongan materi tersebut bisa saja nyempil di salah satu mata
kuliah jurusan teknik lingkungan.
Untuk lebih Jelasnya, dapat dilihat pada video dibawah ini :
Tunggu postingan selanjutnya :) .....
Referensi : [http://Akbarsyahid11@gmail.com/2012/ITB]
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_lingkungan
NB : Tugas ini dibuat untuk memenuhi Tugas kuliah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar