Jumat, 20 Februari 2015

Pilihan Masa Depan

MENUJU SUKSES

“SELAMAT, ANDA DINYATAKAN LULUS JALUR SNMPTN 2014  DI TEKNIK LINGKUNGAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA”
Entah apa kata yang tepat untuk menggambarkan perasaanku saat itu, saat membuka pengumuman SNMPTN 28 Mei lalu. Bahagia, haru, tapi juga bingung karena aku sendiri tak begitu tahu apa sebenarnya yang dipelajari di Prodi Teknik Lingkungan.
Di satu sisi, aku bahagia karena perjuanganku belajar keras selama 3 tahun di SMA berbuah manis, aku lulus jalur undangan tanpa harus berkutat lagi dengan soal- soal SBMPTN yang memusingkan kepala. Di sisi lain, aku juga bingung karena jurusan ini bertentangan dengan minatku, lagi pula aku ‘buta’ tentang teknik lingkungan.
Minatku yang sesungguhnya adalah di bidang komputer. Sebelum pengumuman SNMPTN yang menyatakan kelulusanku di Teknik Lingkungan keluar, aku sudah lebih dulu dinyatakan lulus di Teknik Komputer salah satu politeknik negeri melalui jalur PMP. Inilah yang sesungguhnya kuinginkan, karena aku ingin mempunyai usaha sendiri di bidang yang berhubungan  dengan computer.
Karena galau, aku meminta saran orang tua, dan mereka menyarankan mengambil jurusan Teknik Lingkungan ini. Ada setitik keraguan dihatiku waktu itu, haruskah kuturuti saran mereka atau kuikuti saja kata hatiku untuk memilih jurusan yang sebenarnya kuinginkan. Kutanyakan lagi ke kakak dan teman-temanku, mereka menyarankan mengambil jurusan yang sesuai dengan hatiku saja, yaitu komputer.
Setelah berpikir matang-matang, kuputuskan untuk mengikuti saran orangtuaku saja. Aku yakin, kata-kata orangtua akan memberi yang terbaik untukku dan perjalananku kedepannya. Dengan mantap, aku memutuskan memilih jurusan ini: Teknik Lingkungan Universitas Sumatera Utara.
Antara cita-cita, Rencana Studi dan Program Studi yang dipilih.
Untukku, ketiga hal itu tidak selalu sejalan. Cita-cita dan rencana studi yang tadinya sudah kurencanakan, pada akhirnya tidak sejalan dengan Program Studi yang kupilih sekarang. Aku yang sangat menyukai dan berharap bisa menempuh studi serta membuka usaha di bidang komputer, kini justru berstatus mahasiswi jurusan Teknik Lingkungan. Awal aku memutuskan memilih Prodi ini, ada keraguan dihatiku tentang seperti apa sebenarnya jurusan ini, setelah tamat mau jadi apa, dan bagaimana prospek kerjanya.
Tapi kini setelah aku memantapkan hati, tak sedikitpun ada penyesalan tentang hal itu. Kuhapus rasa penyesalan itu dengan mengucap syukur, karena banyak orang diluar sana yang ingin, namun tak mampu meraih bangku PTN. Aku bersyukur diberi kesempatan untuk kuliah, didukung oleh orang tua, dan memiliki kesempatan untuk menciptakan masa depan yang cerah dengan pendidikanku kini. Aku berniat bekerja di BLH dan memberi kontribusi nyata bagi lingkungan.
Satu hikmah yang aku dapat dari pengalamanku dalam merebut kursi PTN ini adalah bersyukur. Bersyukur untuk rezeki baik yang aku nikmati, untuk orangtua yang selalu mendukungku hingga kini. Aku bertekad dalam hati bahwa suatu hari nanti, aku akan membalas jerih payah mereka menyekolahkanku dengan satu senyuman bangga ketika aku berhasil menyelesaikan perkuliahanku dan menyandang gelar Sarjana Teknik di belakang namaku. Dan ‘suatu hari nanti’ itu dimulai dari sini, dari langkah pertamaku ditempatku berpijak kini: Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Sumatera Utara.

Selamat datang, dunia baruku. Dengan senyuman dan semangat baru, aku siap menghadapimu.

Wietia Musari ^_^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar